Jumat, 02 Januari 2009

Wisata Pendidikan




Siang menjelang sore yang agak terik memberi ide kepada kami sekeluarga untuk melihat Pelabuhan Sunda Kelapa, tempat bersandar kapal yang mengangkut barang-barang ke pulau seberang.Buat anak-anak tempat ini memberi nuansa baru. Terlepas dari kejenuhan belajar dan rutinitas les ini itu...............mulailah kami mengawali liburan akhir tahun 2008.

Awak kapal sedang sibuk menaikkan barang dan membersihkan kapal.Perkampungan kumuh di seberang jalan, dan sungai yang hitam kelam. Kami mencoba naik perahu sampan dari muara suangai sampai batas dengan laut lepas. Suangai itu bukan cuma hitam, tapi jorok sekali. Sampah plastik, bangkai kucing mati, sandal jepit.................tapi dengan anak-anak apapun bisa menjadi menarik. Elco dan Elnathan mencoba mendayung sampah-sampah itu dan surprise setiap menemukan benda-benda yang dikenalnya.Elcy lebih senang merapatkan tubuhnya ke Angi.Dia berkomentar banyak tapi tidak tertarik mendayung seperti kakak-kakaknya.
Di seberang ada pemukiman penduduk yang tidak kalah kotornya.Bagaimana mau bersih, air sekitar mereka juga kotor sekali.Perahu sampan itu kami sewa 50 ribu pulang pergi.Setelah itu anak-anak mencoba ojek sepeda, 5 ribu sekali putar...............senang Elco dan Elnathan karena bapak ojeknya balapan.Elcy tidak mau naik ojek sepeda.

Tgl 19 Des kami ke Museum Bahari , ini kedua kalinya buat Elco dan Elnatan, dan aku. Pertama kalinya buat Papi dan Elcy. Paling menarik adalah patung ikan duyung di lantai atas yang rada seram............menarik karena ternyata duyung itu tidak secantik putri dongeng.Ternyata tidak beda dengan ikan biasa, muka bulat, tidak berambut panjang, tidak cantik.............tidak bertubuh manusia...................just a fish.Lalu lihat perahu besar dari berbagai daerah.Ngerti atau tidak ngerti buat aku tidak jadi masalah. Yang penting anak-anak pernah melihat, dan mata mereka tidak akan pernah melupakannya......................
Perjalanan dilanjutkan ke Museum Nasional.Entrance fee only Rp 250.Padahal yang bisa dilihat................more than 1 million.Tapi anak-anak agak takut soalnya emang rada serem.Terus ke gedung baru. Bagusssssssssss banget. Anak-anak dan kami tertarik sekali dengan kerangka manusia ribuan tahun lalu yang begitu eksotik.Benar-benar eksotik. Lengkap dengan gua tempat mereka dulu tinggal.Mau rasanya balik lagi dan membantu anak-anak memikirkan betapa luar biasanya Tuhan itu.Refleksi dari semua pengalaman yang kami hadirkan kepada anak-anak emang tujuannya cuma satu. How great You are, my Lord !
Trus di lantai atas-atasnya banyak art dari berbagai suku yang membuat anak-anak berkomentar sesuai kapasitas mereka.

Hari ini sekian dulu wisata nya karena besok akan liburan ke Sari Ater.............jadi tidak boleh ngoyo....................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar