Minggu, 21 Juni 2009

Jawa Tengah yang cantik..........

Jawa Tengah yang cantik sekali.................

Liburan sekolah tahap I Happy Family pulang kampung ke orangtuaku di Magelang.Perjalanan dimulai dengan injakan kaki pertama di Terminal 3 yang simpel tapi bagus.Naik Air Asia, yang kata Elcy........kita ke langit nih ?

Tgl 13 kami berangkat dan 14 kami istirahat.Tgl 15 jalan ke Turgo, desa tertinggi dari lereng timur. Ini desa tempat Vico pernah live in ketika kuliah S1. Jalannya bagus, tapi gak ada wisatawan yang ke sana. Sampai di desa Turgo kami mendatangi "Pondok Alam Desa" milik Mas Yanto.Tempat ini menyediakan jasa trecking, dan penginapan ala desa lengkap dengan aksesoris kandang kambing, anak sapi, kelinci............tapi anak-anak senang. Terutama Nathan karena menemukan Kancil, si anjing kampungyang bersahabat.Digendong Nathan dia tampaknya senang.
Mulai trecking paket 1 jam, biayanya Rp 7500 per orang dewasa, melalui jalan setapak tampak sebelah kiri ladang penduduk, sebelah kanan hutan. Elcy digendong karena takut pada semua binatang serangga. Yang lain menikmati..............ada daun yang kalau dipegang bisa gatal, anak-anak belajar dari alam.Karena Elcy sudah berteriak-teriak ketakutan maka kami pindah jalur.Treckingnya enteng buanget, melalui jalan setapak lagi kami sampai ke puncak. Wuih............lereng gunung berpadu dengan sungai Boyong di bawah (kira-kira 50 m di bawah kami).Hijau...............tidak pernah kulihat warna hijau yang demikian sempurna menyejukkan mata.Tuhan sungguh luar biasa.Pemandangan yang tidak seorang pelukispun bisa membuatnya.Dalam perjalanan ke bukit itu kami ketemu big scorpion, juga lihat bangunan rumah yang terkenan wedhus gembel tahun 1994. Tinggal menyisakan bangunan kosong.Konon ada pesta perkawinan namun tiba-tiba ada awan panas turun, sehingga semuanya terbakar.
Lalu lihat pohon salak, rumah jawa kuno, dan mampir ke rumah Mbak Datik melihat jamur. Jalan kembali lancar.................

Tgl 16 kami naik lagi ke Merapi tapi lewat desa Ketep.Banyak wisatawan mampir karena dari sini bisa dilihat pemandangan yang luar biasa. 5 puncak gunung sekali pandang ditambah bonus bebepara gunung kecil. Kukira gak ada satupun arsitek yang bisa membuatnya. Tak satupun. Hanya tanganNya lah yang mampu................di setiap kekaguman, kami mewujudkannya dengan doa.Di Ketep kami bisa melihat theatre yang menyajikan bagaimana Merapi meletus, indah dan mengerikan bercampur..............menjadi rasa tercengang kepada Tuhan Yesus. Bukan kepada dewa lain , aku percaya hanya tanganNyalah yang mampu membuat semua ini.Jadi yang berhak dan berkuasa atas gunung dan laut dan segala isinya hanyalah Tuhan Yesus. Kami minum kopi, lihat pemandangan pakai teropong, lalu lihat rumah lebah. Pulangnya kami lewat jalan lain karena tadinya akan mampir ke Kopeng.

Tgl 17 kami ke Kopeng, si Kaping atau Camping. Biasa ini dari pertama kali aku bawa anak ke Magelang menjadi tempat rutin untuk dikunjungi. Anak-anak naik kuda 2 kali, Elcy sudah tidak takut lagi...........meski awalnya nggak mau karena maunya kuda terbang milik Mariposa...............Makan jagung, ampyang dan minum susu coklat.

Tgl 18 kami ke Jogja. Naik becak dari Ketandan, 20 ribu, murah banget............ke Keraton, Wijilan dan Taman Sari. Di Keraton kami dengar musik gamelan, lihat barang-barang yang kebanyakan milik HB IX. Anak-anak sih biasa saja, tapi Vico cukup tertarik . Lalu makan di Yu Jum Gudeg Wijilan. Kata Vico ini makan nasi sama gula ya, manis banget............lalu ke Taman Sari. Lihat swimming pool jaman HB I - III, tempat sauna Raja, kolam renang privat Raja, lalu lewat kampung kami menuju ke Taman Air. Anak-anak belajar suasana kampung dan pohon-pohon.

Tgl 19 kami di rumah saja, antar Vico makan swikee, main di Alun-Alun. Elcy dan Elnathan senang main motor pakai baterai.Sederhana tapi mereka senang.

Tgl 20 kami pulang ke Jakarta. Home Sweet Home.....................